APAKAH BISA MAIN GAME PPSSPP DI HP MEMAKAI JOYSTICK? BISA BANGET BROO....!!!!

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Temen-temen. Bagaimana kabar semuanya? Yasin kembali lagi dengan artikel yang beda dengan artikel-artikel sebelumnya. Kali ini saya akan membahas tentang game, seperti judul diatas pasti temen-temen sebagian ada yang belum tau, bagaimana joystick yang kita biasannya pakai main di PS 2 bisa digunakan saat bermain dengan memakai emulator PPSSPP di smartphone milik temen-temen semuanya.



Tapi, untuk menggunakannya perlu beberapa tambahan alat. Yuk... langsung saja yasin akan bahas tuntas dibawah ini dan apa saja alat yang diperlukan.

  1. Pertama, kita butuh alat yang namanya OTG, OTG ini biasanya digunakan untuk membuka file di flashdisk dengan memakai smartphone. 
    OTG

  2. Kedua, "Stick Converter". Temen-temen yang suka main PES di pc atau laptop pasti sudah tau apa itu stick converter, alat ini digunakan untuk menghubungkan stick PS 2 ke laptop, tapi kali ini dipasang di smartphone agar joystick bisa tersambung untuk bermain game di emulator PPSSPP.
    alat ini banyak dijual di tempat game PS atau toko yang serba PS khususnya PS2
  3. Dan yang terakhir Stick/Joystick atau apalah itu namanya, kalau yang ini harus punya broo, sama aja kalau nggk punya ya nggk bisa main wkwkwkwk..... 😂
Saya sarankan untuk memakai stick yang biasa digunakan untuk bermain PS 2

Setelah alat yang diatas tadi sudah ada, langkah selanjutnya kita coba sambungkan, begini susunannya:

"Smartphone → OTG → Stick Converter → Stick/Joystick"

 INGAT! Jangan sampai keliru broo..!! dari kiri ke kanan yaa susunannya 😉

Oke, setelah semuanya terpasang. kita langsung buka emulator PPSSPP yang sudah kita instal, tapi sebelumnya kita sudah mempunyai game yang kita ingin mainkan. "Mungkin diartikel berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang game di emulator PPSSPP". Nah, tampilan setelah dibuka akan seperti ini:

Di emulator saya, sudah terpasang game Harvest Moon "Hero of Leaf Valley" dan Metal Slug
Sebelum melakukan pengaturan kontrol sticknya, pastikan terlebih dahulu di stick converter dan di joystick indikator lampunya sudah menyala. Oke, kita langsung buka gamenya, disini saya membuka game harvest moon, maka tampilannya seperti ini:

Jika dilihat digambar, layar akan banyak tombol seperti biasanya karena emulator ini digunakan untuk hp layar sentuh

Okee temen-temen, sudah paham kan? Kita lanjut ke tahap berikutnya, kita pilih/tombol BACK yang ada di smartphone kalian, nanti akan muncul seperti ini, nah tombol pengaturannya ada di bagian SETTINGS :

Jika settings sudah terbuka nanti akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Pilih Controls, pada bagian Controls buka Control mapping, nanti akan muncul gambar seperti ini:

Beres deh, tinggal kita atur sesuai keinginan temen-temen, saya sarankan samain aja dengan yang ada di Joystick, carannya begini: Temen-temen pilih O nah setelah dipencet nanti akan muncul pemberitahuan seperti ini,:

setelah itu, pencet bulat pada joystick kalian, begitupun untuk tombol yang lain. "Intinya jika kita memilih yang ada di layar hp misal analog kiri arah kanan, setelah ada pemberitahuan langsung saja saat itu analog kiri joystick temen-temen digerakin ke kanan, karena memilih analog kiri ke arah kanan" begitupun untuk tombol yang lain.

Dan yang lebih kerennya lagi jika sudah di set up, tombol yang ada dilayar lama-lama akan menghilang, karena kita main menggunakan joystick, GOKS..!!

Gimana temen-temen pendapatnya, cara ini menghemat kita bermain game PS2 atau yang lain bisa bermain di hp. jadi nggk usah beli PS deh hahaha 😁 ? Jika masih bingung langsung saja tulis di kolom komentar, nanti saya akan bahas dan kita diskusikan bareng-bareng huehehehehe...... 

Sekian artikel "agak ribet" dari saya 😅, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



APAKAH BISA MAIN GAME PPSSPP DI HP MEMAKAI JOYSTICK? BISA BANGET BROO....!!!! APAKAH BISA MAIN GAME PPSSPP DI HP MEMAKAI JOYSTICK? BISA BANGET BROO....!!!! Reviewed by Admin on January 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.